5 Tips Bagus Google Docs Yang Perlu Diketahui

Google Docs, sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menulis apapun, di manapun, dan membagikannya dengan siapapun yang diinginkan. Google Docs adalah layanan pengolah kata yang diberikan kepada pengguna Google secara gratis.

Dilansir dari glints.com, jika sobat sudah familiar dengan Microsoft Word, maka Google Docs adalah versi lain yang memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, dan membagikan dokumen tertulis secara online.

Google Docs dapat digunakan untuk membuat berbagai macam dokumen penting. Mulai dari catatan meeting, cover letter, proposal, dan masih banyak lagi.

Sobat bisa menggunakan Google Docs di windows, android hingga IPhone dengan membuka website resmi dan login dengan menggunakan akun Gmail.

Dalam pos ini, AbdUmar.Com akan membagikan kepada Anda 5 tips bagus Google Documents yang berguna dan perlu  ketahui.

1. Akses Dokumen Secara Offline
Apakah kamu tahu bahwa kamu masih dapat bekerja dengan dokumen Google Documents meskipun kamu tidak memiliki koneksi Internet?

Kamu dapat membuat dokumen baru, serta melihat dan memodifikasi dokumen yang ada tanpa memiliki koneksi internet. Perubahan itu akan disimpan di komputer. Kemudian ketika Anda mengakses Internet lagi, perubahan itu akan disinkronkan secara online dengan akun Google Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu menginstal ekstensi Google Chrome yang disebut Google Documents Offine ke browser Chrome. Selanjutnya, klik tombol “On” untuk mengaktifkan.
2. Izinkan Pengguna Lain Untuk Berkolaborasi Secara Real Time
Dengan Google Docs, kamu dapat memberikan akses ke pengguna lain untuk berkolaborasi dengan pada dokumen yang sama. Semua pengguna dapat bekerja bersama secara real time. Kamu dapat melihat apa yang dilakukan atau mengetik orang lain, begitu pula sebaliknya.

Untuk menambahkan pengguna ke dokumen tertentu, pilih File yang diinginkan > Bagikan. Selanjutnya, kamu dapat menambahkan email mereka ke dokumen ini dan memberikan izin edit:
  • Melihat
  • Edit
  • Komentar
Atau kamu bisa mendapatkan tautan publik dan mengirimkannya ke orang yang ingin diajak berkolaborasi. Kamu dapat mengatur izin untuk tautan ini juga, seperti di atas.

3. Bicara Daripada Mengetik
Alih-alih menggunakan keyboard untuk mengetik kata-kata, kamu dapat menggunakan sistem speech to text untuk menulis dokumen. Ini adalah fitur bawaan di Google Docs, dan berfungsi cukup baik.

Lebih baik lagi, alat ucapan ke teks ini juga dapat memahami beberapa perintah khusus seperti “baris baru” atau “titik”. Ketika kamu mengucapkan kata-kata itu, itu akan membuat baris baru atau menyisipkan titik pada dokumen, masing-masing.
Untuk mengaktifkan fitur ini, navigasikan ke Alat > Dikte atau Ctrl+Shift+S. Jika ingin tahu berapa banyak kata yang telah dimasukkan, tekan Ctrl + Shift + C.

4. Lihat Semua Pintasan Keyboard yang Dapat Anda Gunakan Di Google Documents
Saya selalu suka menggunakan pintasan keyboard kapan pun saya bisa. Itu tidak hanya membuat tugas lebih mudah tetapi juga membantu menghemat banyak waktu berharga. Misalnya, tekan Ctrl + C dan Ctrl + V untuk menyalin dan menempelkan teks yang lebih cepat daripada menggunakan klik kanan.

Ada banyak pintasan keyboard yang mungkin tidak Anda ketahui. Untuk memperluas pengetahuan Anda, tekan Ctrl + / untuk menampilkan semua pintasan keyboard yang dapat Anda gunakan di Google Drive.
5. Gunakan Terjemah Dokument Untuk Translate Bahasa
Dengan menggunakan Google Docs , kamu dapat menterjemahkan teks ke berbagai bahasa yang diinginkan. Gunakan Alat > Terjemahkan Dokumen.


Lebih jelasnya, silahkan nonton video berikut ini

15 Komentar

  1. Udah terbiasa banget pake word, setiap hari malah. Dan aku baru tahu kalau google docs bisa offline juga. Tak kira online dari dulu.

    BalasHapus
  2. Setiap membuat draft tulisan sampai editing saya selalu menggunakan. Google Docs lebih simple menurut saya. Lebih aman karena disimpan secara online, pun dengan offline juga bisa.

    Kalau di ms word, apalagi di hp, masih ada rawan trouble, tiba-tiba file ga bisa dibuka.

    BalasHapus
  3. Saya baru sadar loh, ternyata google docs ada fitur bicara ya, praktis banget.. Keren deh...

    BalasHapus
  4. semenjak kerja di dunia digital, seluruh pekerjaan menggunakan google drive untuk simpan seluruh pekerjaan.

    BalasHapus
  5. menarik sekali infonya kak, saya baru tau kalau Gdocs bisa digunakan offline. Next juga mau coba fitur bicaranya

    BalasHapus
  6. Yang fitur bicara cocok banget nih buat blogger yang mau nulis tapi kesulitan nulis depan laptop. Bisa juga dipakai kalau lg males ngetik.

    BalasHapus
  7. Pakai google docs karena lebih aman dalam hal saving. Ketika ada jaringan, autosaves. Terus fitur text to speech nya juga ngebantu banget.

    BalasHapus
  8. yang belum pernah aku coba tuh yg bicara buat bikin naskah sama translate sih, bisa dicoba nanti sih ya

    BalasHapus
  9. Senang banget deh pake google doc, karena semua dokumen aman banget disimpan di sana. Bahkan fitur2nya jga banyak, pokoknya selalu jadi teman buat nulis deh

    BalasHapus
  10. Aku juga suka pakai google docs. Paling yang kusuka ialah bisa kasih tahu kita ketika ada typo. Jadi meminimalisir typo. Abis itu baru bisa kuposting di blog. Hihihi..

    BalasHapus
  11. Sejak tahu google docs, setiap ngedraft artikel pasti gunain ini, sebab ada voice typing dan fitur koreksi kata.

    BalasHapus
  12. Wah aku juga pengguna google docs nih buat save artikel sebelum posting. Eh tapi baru sadar ada fitur ngomongnya, mau coba juga ah hihihi kemana aja aku baru tahu.

    BalasHapus
  13. wah aku belum pernah nyoba nih fitur speech to text di Google Docs. bisa jadi alternatif kalau lagi mager ya :D

    BalasHapus
  14. google doc udah jadi alat tempur saya bekerja setiap hari. saya udah gak pake lagi words, kalau mau pindha ke blogspot tingal paste as a plain text. alhamdulillah gak ada kendala selama ini. nah fitur fitur diatas saya udah coba semua nih, berguna sekali. saya tinggal mempelajari Pintasan Keyboard nya nih biar lebih praktis

    BalasHapus
  15. Paling kebantu banget sama fitur bicaranya, kalo lagi males ngetik. Keren banget ya google docs

    BalasHapus