Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Belajar PHP Untuk Pemula

 

PHP adalah singkatan dari "Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML

Fungsi PHP secara umum ialah untuk mengakses layanan Web dan mengubah halaman HTML statis menjadi halaman dinamis. Memanfaatkan fungsi PHP dengan baik akan otomatis bisa mengembangkan situs web statis atau situs web. Sebagai bahasa pemrograman yang biasanya diterapkan untuk membuat website.

PHP disebut juga sebgai bahasa pemerograman script server side, karena PHP di proses pada komputer server.

Apa saja yang dapat dilakukan Bahasa Pemrograman PHP :

  • Server-side Scripting. ini adalah area yang sangat ditargetkan dalam bahasa pemrograman php, yang dibutuhkan agar ini bekerja yaitu PHP parser, web server dan web browser.
  • Command Line Scripting. Bahasa pemrograman php juga dapat dijalankan tanpa menggunakan server ataupun browser. yang dibutuhkan hanya PHP parser <?php ?> untuk menggunakannya. type area ini sangat berguna untuk scripting penggunaan cron didalam unix / linux, atau task scheduler di windows.
  • Desktop Scripting. PHP mungkin bukan bahasa pemrograman terbaik untuk membuat desktop application dengan GUI. tetapi PHP bisa! jika anda mengetahui php dengan baik, dan ingin menggunakan kemahiran fitur PHP ini di aplikasi client-side gunakan PHP-GTK untuk menulis program. juga dapat digunakan untuk menyebrangi platform aplikasi yang berbeda. PHP-GTK adalah ekstensi PHP

Yuk langsung aja belajar PHP.