Mengenal Operator dalam App Inventor

 Ketika kita membahas tentang tipe data dan variabel, hal tersebut tidak akan lepas dengan conditional karena untuk penggunaan tipe data untuk membuat suatu operasi logika kita juga harus menggunakan conditional untuk media seleksinya, sedangkan untuk menggabungkan conditional dan variabel kita membutuhkan operator.

Operator dalam pemrograman adalah simbol atau tanda yang digunakan untuk melakukan operasi pada satu atau beberapa nilai. Operator digunakan untuk memanipulasi data dan menghasilkan hasil yang diinginkan. Operator dapat digunakan untuk melakukan operasi matematika, perbandingan, logika, penggabungan string, dan operasi pada bit.

Berikut adalah beberapa jenis operator dalam pemrograman:

1. Operator Aritmatika

Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi matematika seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), dan modulus (%).

2. Operator Increment dan Decrement

Operator increment digunakan untuk menambah variabel sebanyak satu angka. Sedangkan untuk operator decrement digunakan untuk mengurangurangi variabel sebanyak satu angka.

Dalam penulisan operator increment akan menggunakan suatu simbol seperti (a++). Lalu untuk penulisan operator decrement akan digunakan menggunakan simbol (a–).

Kedua simbol tersebut juga merupakan penulisan singkat dari operasi a= a +1 dan a = a- 1.

Sedangkan penulisan simbol tersebut bisa diletakkan pada awal maupun pada akhir variabel yang ada. Misalnya seperti ++a atau –a, bisa juga seperti a++ dan a–.

3. Operator Perbandingan

Operator perbandingan digunakan untuk membandingkan dua nilai. Beberapa operator perbandingan adalah sama dengan (==), tidak sama dengan (!=), kurang dari (<), lebih dari (>), kurang dari sama dengan (<=), dan lebih dari sama dengan (>=).

4. Operator Logika

Operator logika digunakan untuk menggabungkan dua nilai logika (benar atau salah) untuk menghasilkan nilai logika yang baru. Beberapa operator logika adalah AND (&&), OR (||), dan NOT (!).

5. Operator Penugasan

Operator penugasan digunakan untuk menetapkan nilai ke variabel. Beberapa operator penugasan adalah sama dengan (=), tambah sama dengan (+=), kurang sama dengan (-=), kali sama dengan (*=), dan bagi sama dengan (/=).

Operator sangat penting dalam pemrograman karena digunakan untuk memanipulasi data dan menghasilkan hasil yang diinginkan. Dengan memahami jenis operator yang ada dan cara menggunakannya, Anda dapat membuat kode program yang lebih efisien dan efektif. 

Berikut adalah contoh potongan penggunaan conditional, variable dan operator:

Contoh potongan bloks diatas berfungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika pada kalkulator.


Baca Juga "Mengenal____________dalam App Inventor"

Baca Juga  Tutorial Cara Mudah Coding Blok Dengan App Inventor


0 Komentar