Mengenal Coordinate dalam App Inventor

Selain konsep dari pemrograman, kita juga perlu mengetahui cara untuk mengatur komponen yang ada pada page designer dengan mengetahui Coordinate.

Coordinate pada App Inventor adalah lokasi relatif sebuah objek atau komponen dalam aplikasi yang diukur dalam piksel. Setiap objek atau komponen memiliki koordinat X dan Y yang menentukan posisi objek tersebut dalam aplikasi.

Dalam App Inventor, koordinat X dan Y dimulai dari kiri atas layar dengan nilai X dan Y yang semakin besar ke kanan dan bawah layar. Misalnya, jika Anda ingin menempatkan sebuah Button di tengah layar, Anda dapat menentukan koordinatnya dengan cara mengukur setengah dari lebar layar dan setengah dari tinggi layar. 

Anda dapat mengatur koordinat secara dinamis dengan menggunakan blok Blocks, seperti menggerakkan sebuah objek atau komponen dalam aplikasi. Pemahaman tentang coordinate pada App Inventor sangat penting dalam merancang dan membangun aplikasi yang interaktif dan responsif.

Berikut perbandingan sistem koordinat tradisional dengan sistem koordinat app inventor 


Catatan

  • Dalam sistem koordinat tradisional, Y semakin kecil (angka negatif lebih tinggi) saat Anda bergerak ke bawah. Dalam kanvas app inventor, Y menjadi lebih besar saat Anda bergerak ke bawah.
  • Dalam kanvas app inventor, "Fill parent" berarti bahwa kanvas akan menjangkau seluruh lebar Layar.

0 Komentar