Mengenal Conditional dalam App Inventor

 Sebelumnya kita telah mempelajari tentang komponen-komponen pada app inventor serta konsep dasar dari pemrograman yaitu Algoritma dan Sequence. Selain itu, terdapat konsep penting dalam pemrograman yang dinamakan, Conditional statements dalam pemrograman adalah konstruksi logika yang memungkinkan kode untuk diambil atau diabaikan berdasarkan hasil evaluasi suatu kondisi.

 Terdapat beberapa jenis pernyataan kondisional yang sering digunakan, diantaranya:

1. Kondisional yang pertama adalah “if ” statement: pernyataan ini memungkinkan kode untuk diambil jika kondisi tertentu terpenuhi Pernyataan “if ” juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi yang ada. 

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan pernyataan “if ” dalam kehidupan sehari-hari: 

● Memutuskan apakah akan membawa payung saat berpergian

● Memutuskan apakah harus membeli makanan

● Memutuskan apakah harus berolahraga

Dengan menggunakan pernyataan “if ”, kita dapat membuat keputusan yang sesuai dengan kondisi yang ada, sehingga dapat mengoptimalkan waktu dan usaha yang kita lakukan, berikut adalah contoh penggunaan block “if ” pada aplikasi App Inventor.

2. Kondisional yang kedua adalah “if-else” statement: pernyataan ini memungkinkan kode untuk diambil jika kondisi tertentu terpenuhi, atau kode lain diambil jika kondisi tersebut tidak terpenuhi. Pernyataan if-else juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi yang ada. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan pernyataan if-else dalam kehidupan sehari-hari:

● Ketika cuaca panas, memutuskan akan membuka atau menutup jendela

● Ketika berjarak dekat, memutuskan apakah harus berjalan kaki atau menggunakan transportasi

● Ketika memiliki uang, Memutuskan apakah harus membeli barang atau tidak membeli barang

Dengan menggunakan pernyataan “if-else”, kita dapat membuat keputusan yang sesuai dengan kondisi yang ada, sehingga dapat mengoptimalkan waktu dan usaha yang kita lakukan, berikut merupakan contoh penggunaan block “if-else” pada aplikasi App Inventor

3. Kondisional yang ketiga adalah “elif ” adalah singkatan dari "else if " dan merupakan bagian dari pernyataan kondisional “if-else” dalam pemrograman.

Pernyataan “elif ” memungkinkan untuk mengevaluasi lebih dari satu kondisi dan memilih kode yang akan diambil berdasarkan hasil evaluasi. Pernyataan “else if ” juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat keputusan berdasarkan lebih dari satu kondisi yang ada. 

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan pernyataan “elif ” dalam kehidupan sehari-hari:

● Ketika cuaca panas, memutuskan apakah harus membuka atau menutup jendela atau memasang AC jika memiliki uang cukup 

● Ketika jarak dekat, memutuskan apakah harus mengambil jalan kaki, menggunakan transportasi jika memiliki cukup uang, atau membawa kendaraan pribadi

● Ketika memiliki uang, memutuskan apakah harus membeli barang, meminjam barang jika ada teman yang bersedia meminjamkan, atau tidak membeli barang sama sekali

Dengan menggunakan pernyataan “else if ”, kita dapat membuat keputusan yang sesuai dengan lebih dari satu kondisi yang ada, sehingga dapat mengoptimalkan waktu dan usaha yang kita lakukan, berikut contoh penggunaan blok “else if ” dalam aplikasi App Inventor. 

Baca Juga "Mengenal____________dalam App Inventor"

Baca Juga  Tutorial Cara Mudah Coding Blok Dengan App Inventor

0 Komentar