Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Potret Asessmen Programmer

Mahasiswa UNU Blitar mengikuti asessmen programmer 

Programmer adalah penulis dan penguji kode yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak. Programmer mengubah desain program yang dibuat oleh developer untuk menjadi instruksi yang dapat dijalankan di komputer.

Programmer sangat penting bagi kehidupan pada masa sekarang. Hal ini dikarenakan programmer mampu menciptakan sebuah aplikasi yang dapat mereka tawarkan ke perusahaan-perusahaan besar. Programmer juga mampu menciptakan website jual beli, menciptakan aplikasi gratis yang dapat memuat iklan, dan masih banyak lagi.  

Sedemikian pentingnya pekerjaan programmer, maka dibutuhkan semacam standar yang bersifat global. Yakni sertifikasi pemrogram (programmer) untuk memenuhi kebutuhan zaman digital.

Kemasan sertifikasi yang digunakan mengacu pada  Standar Kompetensi Kerja Nasional  Indonesia yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 282 Tahun 2016.

Asessmen Programmer di UNU Blitar

Skema sertifikasi programmer ini digunakan sebagai acuan pada pelaksanaan assesmen oleh Asesor kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan memastikan kompetensi pada jabatan Pemrogram (Programmer).

Pemaketan unit kompetensi yang di ujikan pada skema programmer yakni:

  1. Menggunakan Spesifikasi Program
  2. Menulis Kode Dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices
  3. Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur
  4. Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek
  5. Menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing
  6. Menerapkan Akses Basis Data
  7. Membuat Dokumen Kode Program
  8. Melakukan Debugging
  9. Melaksanakan Pengujian Unit Program

Penulis usai asessment

 



Posting Komentar

0 Komentar