Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Prinsip Augmented Reality yang Perlu Diketahui

 


Dari tahun ke tahun teknologi semakin variatif dan fokus pada pengalaman pengguna atau user experience (UX). Teknologi terkini yang kita ketahui diantaranya, yaitu AR (Augmented Reality), VR (Virtual Reality), game, Wearables, loT (Internet of Things) dan komputer grafik (Computer Vision). 

Hal ini juga didukung dengan perkembangan perangkat komputer maupun mobile seperti smartphone dengan fasilitas kamera beresolusi tinggi dan disertai sensor-sensor seperti gyroscope, accelerometer dan sensor-sensor yang mendukung teknologi terkini. 

AR merupakan salah satu teknologi yang sedang ramai dikembangkan dan diterapkan di smartphone yang mendukung AR. Menurut penelitian tentang perkembangan AR, AR mulai ada sejak tahun 1968. Ada tiga prinsip dalam AR4, yaitu

(1) AR dapat menampilkan objek virtual ke dalam dunia nyata; 

(2) AR berjalan secara interaktif dan real time; dan 

(3) adanya integrasi dengan benda 3 dimensi. 

Secara sederhana, AR menyajikan interaksi yang menarik bagi kita, karena kita dapat merasakan objek virtual seolah-olah ada di lingkungan kita melalui layar komputer atau perangkat mobile.

Tren AR dalam penelitian Jorge Bacca yang berjudul Augmented Reality Trends in Education: A Systematic Review of Research and Application, menunjukkan bahwa AR dieksplorasi di berbagai bidang. Di bidang kesehatan, sains, teknik, dan lain sebagainya. Selain itu, AR juga merambah di bidang pendidikan sebagai media pendukung pemahaman ketika proses belajar.

Posting Komentar

0 Komentar