Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Memetakan Komponen Jaringan Inti ke Jaringan Komputasi Awan


 Saat mengelola sebuah jaringan pastinya akan menangani banyak tugas dan fungsi berbeda yang telah dikategorikan untuk membantu pelaksanaan secara efektif. Kategorinya dapat berupa manajemen kesalahan, manajemen konfigurasi, akuntasi/administrasi, manajemen kinerja dan keamanan atau dapat dipersingkat menjadi FCAPS apabila menggunakan pelafalan bahasa inggris.

1. Fault Management, berkaitan dengan proses dan tugas yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan kesalahan pada suatu jaringan.

2. Configuration Management, mencakup aspek pengumpulan informasi yang berdasarkan perubahan konfigurasi perangkat, perubahan perangkat keras fisik dan jaringan serta pembaruan perangkat lunak.

3. Accounting / Administration, mencakup jaringan yang digunakan dalam pengaturan penyedia layanan sehingga memerlukan pantauan dalam melacak pemanfaatan serta penagihan bagi pengguna. Apabila jaringan tidak berada dalam pengaturan penyedia layanan, maka administrasi serta tugas seperti mengelola izin juga kata sandi pengguna disertakan.

4. Performance Management, mencakup pengelolaan kinerja suatu jaringan seperti aspek pemantauan throughput, pemantauan pengguna serta peningkatan waktu respons.

5. Security, mencakup tugas yang dilakukan dalam mengamankan jaringan seperti melindungi perangkat, membatasi akses ke sumber daya jaringan serta melindungi aktivitas pengguna dalam suatu jaringan.

Posting Komentar

0 Komentar