Memahami Looping, Conditional , Variable dan Operator dalam pemrograman Scratch

 Looping

Dalam Scratch, looping digunakan untuk mengulang serangkaian blok kode tertentu berulang kali. Ada dua jenis loop yang dapat digunakan dalam Scratch, yaitu repeat loop dan forever loop.

Repeat loop digunakan untuk mengulang sebuah blok kode sebanyak jumlah iterasi yang telah ditentukan. Repeat loop terdiri dari blok "repeat" yang digunakan untuk menentukan jumlah iterasi dan blok kode yang akan diulang.

Forever loop digunakan untuk mengulang sebuah blok kode tanpa henti sampai program dihentikan. Forever loop terdiri dari blok "forever" yang digunakan untuk menentukan blok kode yang akan diulang terus menerus.

Conditionals

Conditionals atau percabangan dalam Scratch digunakan untuk membuat program atau game yang dapat merespons kondisi tertentu. Conditionals memungkinkan program atau game untuk melakukan tindakan yang berbeda tergantung pada kondisi yang dipenuhi. Ada dua jenis conditional yang umum digunakan dalam Scratch, yaitu if dan if-else.

If digunakan untuk mengeksekusi blok kode jika kondisi yang diberikan benar atau true. If terdiri dari blok "if " yang digunakan untuk menentukan kondisi yang harus dipenuhi dan blok kode yang akan dijalankan jika kondisi benar.

If-else digunakan untuk mengeksekusi dua blok kode yang berbeda tergantung pada kondisi yang diberikan. If-else terdiri dari blok "if-else" yang digunakan untuk menentukan kondisi dan dua blok kode yang akan dijalankan tergantung pada kondisi tersebut.

Variabel

Variabel adalah tempat atau wadah untuk menyimpan data. Data yang disimpan bisa bermacam-macam. Ada data dalam bentuk angka dan juga teks. Variabel sangat penting dan bisa digunakan untuk banyak hal, misalkan menyimpan nilai poin atau score dari sebuah game.

ilustrasi cara kerja variable.

Operator

Operator adalah simbol-simbol yang digunakan untuk membentuk hasil nilai yang diinginkan. Umumnya operator digunakan untuk perhitungan matematika. Ada bermacam-macam operator dalam coding, contohnya adalah operator aritmatika dan operator relasi.

ilustrasi operator.

Sumber: Modul Pelatihan Pengenalan Coding , Thematic Academy Digital Talent Scholarship Kominfo tahun 2023

0 Komentar