Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Supercomputer Platforms

 

Supercomputer Platforms (Platform Superkomputer)

Dalam menjelaskan apa itu Platform Superkomputer, mari kita buka satu persatu. Supercomputer merupakan sebuah peralatan yang lebih canggih dari komputer biasanya. Jika dikalkulasikan dalam satuan Petaflops (Kemampuan CPU untuk melakukan pemrosesan data sebanyak 1000 triliun floating point per detik). Misalnya dengan processor Core i7 , ia memiliki kecepatan pemrosesan data kira – kira 7 Gigaflops (7.000.000.000). Jadi Supercomputer jutaan kali lebih cepat dibandingkan sebuah computer dengan CPU Core i7.

Superkomputer desain inovatif berbentuk lemari yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya dikhususkan untuk penghitungan tertentu, seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global), pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain.   Juga untuk penghitungan angka, tetapi ia tidak bagus dalam tugas umum.

Platform dapat diartikan kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak sehingga dapat berjalan. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak. 

Fungsi atau tujuan dibuatnya platform adalah sebagai dasar atau wadah agar sistem lain bisa digunakan dengan sebaik mungkin. Contohnya seperti platform belajar edmodo yang digunakan sebagai media bagi guru untuk melaksanakan belajar mengajar secara online

Dilansir dari divedigital.id berikut ini merupakan beberapa contoh platforms:

1. Platform Android

Seperti yang diketahui, android merupakan sebuah sistem operasi, dan tentu saja sistem operasi ini juga bekerja dalam sebuah platform. Apa platform yang digunakan dalam sistem operasi Android? Dasar atau fondasi yang digunakan dalam android adalah Kernel Linux, hal ini bisa kita lihat pada ART (android runtime) dimana fungsionalitasnya sangat bergantung pada Kernel Linux.

Dengan menggunakan kernel Linux, seorang pengembang yang menggunakan android akan bisa menggunakan security inti, yang pada akhirnya pengembang bisa melakukan pengembangan pada driver perangkat keras yang sudah dikenal luas.

2. Platform Digital

Untuk dalam ekosistem digital, platform yang paling dekat dan mungkin sudah diakses oleh semua orang adalah Youtube, yang merupakan sebuah platform berbagi vidio. Karena ini adalah platform berbagi vidio, tentu pihak yang akan menggunakan diberikan kebebasan apakah untuk sekedar eksistensi, marketing, sampai dengan sekedar mencari hiburan.

3. Platform Perangkat

Selain dua kategori diatas, tentu masih banyak contoh lain yang bisa disebut sebagai platform seperti Nitendo, PC, Handphone, MAC yang merupakan platform untuk menjalankan perangkat lunak. Dengan perangkat ini, kita bisa menjalankan berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari ofice sampai dengan browser.



Posting Komentar

0 Komentar