Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Perubah Acak Diskrit dan Kontinu

Peubah acak kontinu adalah peubah acak yang nilai-nilainya tak berhingga banyaknya atau berisi sederetan anggota yang banyaknya sebanyak titik dalam sebuah garis. Ruang sampelnya mengandung titik sampel sebanyak titik pada sebuah garis.

  Suatu percobaan statistika yang dilakukan selalu menghasilkan pengamatan yang berkemungkinan. Sering kali kita mengkaitkan suatu bilangan sebagai pemberian hasil tersebut.
           Sebagai contoh suatu percobaan dengan ruang sampel yang memberikan secara rinci setiap kemungkinan hasilnya bila ada 3 suku cadang elektronik  yang diuji dapat dinyatakan sebagai:

Dimana, B menyatakan barang yang baik dan C menyatakan barang yang cacat. Jika kita ingin mengetahui berapa banyaknya barang yang cacat, maka setiap titik dalam ruang sampel dikaitkan dengan bilangan 0, 1, 2, atau 3. Bilangan ini merupakan besaran acak yang ditentukan oleh hasil percobaan, dan dapat dipandang sebagai nilai perubah acak, X, yaitu banyaknya barang yang cacat

Peubah acak adalah suatu fungsi yang mengkaitkan bilangan riel pada setiap unsur dalam ruang sampel S.
Perubah acak dinyatakan dengan huruf  besar,  misalnya X, sedangkan nilainya dinyatakan dengan huruf kecil padanannya, misalnya x.
    Pada contoh diatas, Jika X menyatakan banyaknya 2-barang yang cacat, maka

 


Posting Komentar

0 Komentar