Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Big Data

Big Data merupakan sekumpulan data dengan jumlah yang lebih besar dan kompleks, dapat dikatakan sebagai sebuah konsep tentang kemampuan kita dalam mengumpulkan, menganalisa, dan memahami jumlah data berskala besar yang didapat setiap harinya. 

Big Data memiliki karakteristik yang dikenal dengan istilah 3V, yaitu 

1. Volume (ukuran)

2.Velocity (Kecepatan) 

3.Variety (Keragaman) 

 

Cara kerja Big Data sendiri diawali dengan adanya sumber jumlah data yang didapat dari objek sekitar yang dapat berkomunikasi antar satu dengan yang lain melalui sebuah jaringan. Contoh, penggunaan internet untuk mengunggah dan mengunduh foto atau video, pemakaian email, dan hal lainnya yang dioperasikan secara online ke dalam bentuk data.  

Big Data sangat penting, tidak hanya berputar pada jumlah data yang organisasi miliki, tetapi hal yang penting adalah bagaimana mengolah data internal dan eksternal. Kita dapat mengambil data dari sumber manapun dan menganalisanya untuk menemukan jawaban yang diinginkan dalam bisnis seperti: 

  • pengurangan biaya; 
  • pengurangan waktu; 
  • pengembangan produk baru dan optimalisasi penawaran produk; 
  • pengambilan keputusan yang cerdas. 

Ketika menggabungkan big data dengan analitik berkekuatan tinggi, kita dapat menyelesaikan tugas-tugas yang terkait dengan bisnis seperti: 

  • Menentukan akar penyebab kegagalan, masalah, dan kegagalan hampir secara real time. 
  • Menghasilkan kupon di titik penjualan berdasarkan kebiasaan membeli pelanggan. 
  • Menghitung ulang seluruh portofolio risiko dalam hitungan menit. 
  • Mendeteksi perilaku curang sebelum memengaruhi organisasi Kita. 

Big data biasanya dapat ditemui di berbagai bisnis dalam dunia online seperti berikut ini. 

  • Penggunaan mesin penelusuran Seperti mesin pencari google atau mesin pencari lainnya akan menyimpan riwayat pencarian kita. hao itu tersebut kumpulan data atau big data karena jumlahnya yang memang besar. Hasil analisis dari big data tersebut akan memberikan hasil berupa saran kata kunci di google ataupun saran situs yang bisa anda kunjungi. 
  • Penggunaan smartphone memiliki banyak fitur. Fitur yang dimaksud tentunya akan merekam semua aktivitas anda. Jadi record sms ataupun telepon anda akan selalu ada dan masuk dalam big data. Tidak hanya sms dan telepon, riwayat lokasi anda saat menggunakan GPS ataupun google map pun akan terekam dan tersimpan. 
  • Penggunaan sosial media; Semua teks , foto, audio, ataupun video yang anda upload akan menjadi big data. 

Big Data merupakan Platform Komputasi Terbaik, hal ini mengacu pada kumpulan komponen atau sub-sistem yang harus beroperasi seperti satu objek. Contoh : Mobil Formula Satu adalah mobil yang setara dengan sebuah superkomputer. Salah satu penyedia solusi big data analitik buatan Indonesia, Paques, baru saja meluncurkan layanan Paques Cloud Connect yang merupakan layanan SaaS (Software as a Service) yang mengedepankan big data analitik berbasis cloud. Paques Cloud Connect juga menyediakan layanan yang dapat dijangkau oleh semua skala bisnis mulai dari startup, UMKM, hingga korporasi. 

jadi big data merupakan hal yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan era milenials.

Posting Komentar

0 Komentar