Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Eksplorasi Univariate-Multivariate? Apa itu ?

Sebelum mengetahui apa itu eksplorasi univariate dan multivariat, mari kita bahas dulu univariate dan multivariat. Dalam matematika, benda univariat adalah ekspresi, persamaan, fungsi, atau polinomial yang hanya melibatkan satu variabel. Objek yang melibatkan lebih dari satu variabel bersifat multivariat.


Dapat dikatakan bahwa Univariate adalah data yang memiliki satu variabel dependen (variabel tidak bebas) pada setiap objek yang diamati. Sedangkan multivarit dapat dijelaskan sebagai data dimana pada data tersebut terdapat lebih dari satu variabel dependen pada setiap objek yang diamati. Jadi perbedaan  univariat dan multivariat terdapat pada jumlah variabel dependen yang diamati.

Perbedaan univariat dan multivariat bisa dimisalkan pada regresi berganda. Jika  regresi mempunyai lebih dari satu variabel dependen, maka  regresi tersebut menjadi  regresi multivariat. Jika variabel independennya hanya satu variabel namun variabel dependennya lebih dari satu, maka analisis regresi tersebut tetap dikatakan  regresi multivariat. 

Eksplorasi (pencarian) adalah tindakan mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan menemukan sesuatu. Sehingga dapat dipahami bahwa Eksplorasi Univariate merupakan tindakan mencari sesuatu dengan melibatkan satu variabel pada objek yang diamati. Dan Eksplorasi Multivariate yaitu tindakan mencari sesuatu dengan melibatkan beberapa (lebih dari satu) variabel pada objek yang diamati.

Sekian, semoga bermanfaat...


Posting Komentar

0 Komentar