9 Cara Ajaib Terbukti Ampuh Jaga Mood Belajar

Kali ini saya akan membagikan cara ajaib yang terbukti ampuh untuk saya. Sering kali saya melakukan ini agar tetap mood dalam belajar.


1. Mencoba menggerakkan tubuh

Saat lagi sumpek / capek belajar, aktitas lah.. gerakkan tubuh dan badanmu. Cara seperti ini terbukti membuat pikiran kita lebih fress.

2. Bermain game favorit, tetapi jangan kebablasan


Bermain game sih boleh-boleh saja, asal jangan kebablasan bahkan ketergantungan. Nge-game dapat mengembalikan mood saat lagi sumpek, tapi kalau keterusan bisa malah tidak belajar. Jadi bermainlah sewajarnya saja.

3. Bikin minuman kesukaanmu, ini bisa membuat otak kita lebih santai. Kalau saya suka kopi susu.


Membuat minuman kadang bisa membuat otak kita lebih santai. Buatlah segelas minuman yang kamu sukai, minum sedikit demi sedikit, nikmati manisnya minuman kamu. 
Dan untuk menjaga agar mata melek (tidak ngantuk) buatlah kopi. Kalau saya suka kopi susu. Cara seperti ini biasa saya lakukan saat akan ujian he..he...he...

4. Berdiri dari tempatmu belajar, dan hirup udara segar di luar ruangan


Hirup napas dalam-dalam dan kalau perlu keluar ruangan untuk ambil napas dalam-dalam. Hirup napas dalam-dalam sangat bermanfaat bagi tubuh, mulai dari mengurangi stress, mengontrol tekanan darah, hingga meredakan mabuk.

5. Niatkan belajarmu untuk mencari ilmu. Di sini, kamu berperan sebagai menghilangkan kebodohan


Fokus pada mencari ilmu untuk menghilangkan kebodohan. Pendidikan itu bukan segala-galanya, tapi dari pendidikan semuanya berasal (pepatah jawa)

6. Tentu saja, belajar adalah ibadah. Semakin giat belajar, sama artinya dengan giat ibadah. 


Niatkan dalam  hati kamu bahwa belajar adalah bagian dari ibadah. Hidup hanya satu kali, berbuatlah sebaik-baiknya.

7. Cari makanan ringan kesukaanmu, ini bisa membuat otak kita lebih rileks. Kalau saya suka kacang goreng. Secukupnya saja.



Saya biasanya cari makanan ringan saat belajar, dengan asupan gizi yang baik otak bisa lebih mudah mengingat.

8. Dengarkan musik kesukaanmu. Kalau saya suka musik religi
Cari musik kesukaan mu, dengarkan dan nikmati. Cara ini sering dilakukan oleh teman-teman kuliah saya. Termasuk saya....

9. Istirahat cukup, demi mempersiapkan tenaga esok hari


Dalam belajar tidur itu perlu jadi pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup tapi jangan kebablasan (terlalu sering tidur). Saat tubuh capek, tidurlah dan bila hilang ngantuknya segera bangun untuk belajar lagi.

0 Komentar