Menuju Smart City, Pemkot Blitar Gelar Bimbingan Teknis. Begini Detailnya

  


Blitar – Smart city merupakan konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat dengan memanfaatkan daya teknologi secara efisien sehingga memberikan informasi yang tepat atau  mengantisipasi kejadian yang tak terduga.  Smart City adalah kota modern dengan berbagai inovasi terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berkelanjutan dalam melayani masyarakat kota dengan cara mengelola sumber daya yang ada dengan bijaksana dan efisien, memberikan informasi yang cepat dan tepat kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, efisiensi operasional dan daya saing.

Demi mewujudkan hal tersebut, pemerintah Kota Blitar melalui Diskominfotik menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Smart City tahap I di Balai Kota Koesoemo Wicitro. Senin (03/07/2023). 

Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd mengatakan, bahwa Kota Blitar telah terdaftar smart city mengikuti  28 wilayah lainnya.

"Kota Blitar udah jauh memamfaatkan kemajuan dibidang IT. Kemajuan dibidang digitalisasi ini harus dimanfaatkan berbagai daerah. Tanggung jawab smart city tidak bisa diberikan tanggung jawab pada Diskominfo saja, namun semua nya perlu berpartisipasi, baik negeri maupun swasta. Harapan saya, smart city Kota Blitar gaungnya bisa lebih membumi. Apalagi Blitar tempat disemayamkan Bung Karno" ucapnya

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Blitar menuturkan bahwa penerapan Smart City di Kota Blitar sudah berlangsung dari tahun 2022 dengan beberapa perkembangan infrastruktur yang terintegrasi dan berkaitan dengan satu data di daerah. Salah satu contoh implementasi Smart City di Kota Blitar adalah pemasangan fiber optic yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengakses internet, hingga wifi RT-RW secara gratis. 

Bimbingan Teknis Smart City Tahap I yang berlangsung selama dua hari, mulai dari hari Senin (03/07/2023) hingga Selasa (04/07/2023) bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan kota cerdas sebagai bentuk inovasi, kolaborasi, dan konsistensi pembangunan daerah menuju kota modern. 

Agenda ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Jawa Timur, Forkopimda Kota Blitar, Sekretaris Daerah Kota Blitar, serta sejumlah kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Blitar.

Dalam pantauan RTIK Kota Blitar, terdapat 6 Sasaran Smart City di Kota Blitar, yakni:
✓ Smart Government
✓ Smart Economy
✓ Smart Living
✓ Smart People
✓ Smart Environment
✓ Smart Mobility

Berikut potret dokumentasi yang berhasil dihimpun RTIK Kota Blitar.

Smart Living

Smart Society

Smatt Environment

Smart Economy

Smart Governance

Smart Branding

Walikota Blitar, Drs. Santoso M.Pd saat membuka acara

RTIK bersama KIM Kota Blitar

Rame-rame

Pemateri Bimtek 1 Smart City


0 Komentar