Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Manfaat Buka Puasa Bersama Saat Ramadhan

Blitar - Buka puasa bersama saat Ramadan memiliki banyak manfaat, salah satunya tertulis bahwa sedekah yang paling cepat sampai ke langit adalah menyiapkan makanan.

Ada budaya yang biasa dipraktikkan oleh umat Muslim di Indonesia selama bulan Ramadan, yaitu buka bersama atau biasa disebut buka puasa bersama (bukber).  Umumnya, bukber adalah tradisi mengundang kerabat, rekan kerja, atau kalangan lain untuk berbuka puasa bersama di tempat para tamu menyediakan hidangan buka puasa.  

Tidak hanya itu, bukber juga bisa dilakukan bersama teman-teman. Hal ini karena waktu berbuka puasa adalah waktu yang sangat baik untuk mempererat hubungan silatirahim antara teman, saudara hingga sahabat karib.  

Terlepas dari perbedaan budaya dalam memandang bukber, ada baiknya  sobat mencoba 3 manfaat berbagai hal baik buka bersama saat ramadhan.  

1. Mendapat pahala

Dengan mengajak orang lain, baik satu orang atau lebih, untuk berbuka puasa kepada orang yang sedang berpuasa, sobat bisa mendapat pahala tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya orang yang berpuasa tersebut. 

Melansir dari Islam NU, pada Senin (4/4/2022), Imam Al-Baghawi dalam tafsirnya menyampaikan satu hadis yang cukup panjang tentang hal ini. Sebagian kutipan hadis tersebut menuturkan : 

Dari Sa’id bin Musayab dari Salman ia berkata:  Rasulullah SAW berkhotbah kepada kami di hari terakhir bulan Sya’ban. Beliau bersabda, “... Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadan, maka hal itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka. Baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut.” 

Orang-orang berkata, “Ya Rasulullah, tidak setiap kami dapat memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa.” Rasulullah bersabda, “Allah akan memberikan pahala yang demikian ini kepada orang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa meskipun hanya dengan susu encer, sepotong kurma, atau seteguk air. Dan barang siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya minum dari telagaku di mana setelahnya ia tak akan haus sampai masuk ke dalam surga...” (Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghawi, Tafsir Ma’alimut Tanzil [Kairo: Darul Alamiyah, 2016], jil. 1, hal. 196 – 197).

2. Membangun kekompakan

Berpartisipasi menyiapkan hidangan menambah kekompakan

Jangan salah, buka puasa bersama saat bulan ramadhan ternyata bisa membangun kekompakan, lho. Sebab, sebelum sama-sama buka puasa, sobat bisa berbagi tugas dengan seluruh teman-teman untuk berpartisipasi dan menyiapkan hidangan buka puasa. Misalnya, sobat yang memasak, sedangkan temen yang lain menyiapkan peralatan makan di meja.

3. Bisa Salat Bareng

Berfoto usai sholat berjamaah

Ini dia keuntungan buka puasa bersama yang nggak kalah penting. Setelah berbuka puasa, sobat bisa melakukan salat maghrib, salat isya' hingga salat tarawih berjamaah. Kemudian, sobat juga bisa membaca Alquran bersama. Selain meningkatkan keakraban, kegiatan ini juga bisa mendekatkan hubunganmu dengan Allah.

Itulah 3 manfaat buka puasa bersama saat bulan ramadhan. Nikmati momen Ramadan ini dan jadikan lebih berarti dari tahun-tahun sebelumnya ya.

Posting Komentar

0 Komentar