Berpartisipasi dalam Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kecamatan Kepanjenkidul


Demi mendukung kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar bersama kecamatan Kepanjenkidul menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Kamis (1/2/2024).


Aksi simulasi ini berlangsung di aula kecamatan Kepanjenkidul dan melibatkan sekitar 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan kehadiran 7 orang per TPS.

Dalam kesempatan tersebut, Panitia Pemungutan Suara (PPS) memberikan arahan kepada puluhan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang hadir. Mereka diminta untuk mengantri saat mendaftar dan menerima lima surat suara. Setelah itu, melangkah menuju bilik suara untuk menyalurkan hak pilihnya dalam pemilihan anggota legislatif DPRD Kota Blitar, DPRD Provinsi Jawa Timur, DPR RI, DPD RI, dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden.

Setelah memberikan suara di bilik suara, peserta langsung memasukkan surat suara ke kotak suara yang telah disediakan. Kemudian, mereka meninggalkan area pemungutan suara dan mengikuti proses penghitungan suara Pemilu 2024.

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dijalankan sebagai panduan bagi pemilih untuk memahami alur proses pelaksanaan hak pilih di TPS.



0 Komentar