Mengenal Konsep Coding, Algoritma, Sequence dan Flowchart

Pada akhir-akhir ini kita sering mendengar kata coding. Mungkin beberapa orang hanya tahu kalau coding itu adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan komputer atau teknologi. Tetapi apa sebenarnya coding itu?

Coding adalah perintah yang kita berikan kepada komputer untuk dikerjakan olehnya. Dengan kata lain untuk berkomunikasi dengan komputer kita memerlukan coding. Jadi coding itu seperti menterjemahkan bahasa manusia kedalam bahasa komputer/mesin. Orang yang melakukannya disebut coder.

Di zaman teknologi yang berkembang pesat, pembelajaran coding sangat diperlukan. Karena dengan coding kita dapat membangun solusi dalam berbagai permasalahan global di berbagai bidang seperti : teknologi, transportasi, informasi dan komunikasi.

Dalam pembelajaran komputer, kita juga mengenal sebuah istilah yang disebut algoritma. Algoritma sangat penting dalam pembelajaran computer.

Algoritma 

Dalam ilmu komputer, algoritma adalah metode yang terdiri dari langkah-langkah terstruktur dalam pemecahan masalah menggunakan komputer.

Sebenarnya algoritma ini sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhananya adalah algoritma memasak air:

1. Siapkan wadah untuk memasak

2. Masukkan air sesuai kebutuhan kedalam wadah

3. Letakkan wadah di atas kompor

4. Nyalakan kompor

5. Jika terdapat gelembung-gelembung udara dalam air, artinya air sudah mendidih.

6. Matikan kompor

Tentu pada contoh diatas, ada beberapa detail yang dilewatkan. Dengan Bahasa sehari-hari, manusia bisa cukup mengerti algoritma di atas. Tetapi algoritma yang harus disusun untuk komputer menggunakan coding perlu lebih detail.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan suatu algoritma antara lain:

●Langkah-langkah harus jelas dan mudah dipahami.

●Langkah-langkah harus dapat dilakukan secara otomatis oleh mesin.

●Algoritma harus memiliki hasil yang jelas dan dapat diperiksa.

●Algoritma harus efisien dan memiliki waktu eksekusi yang terbatas

Sequence

Dalam membuat algoritma, ada hal penting yang juga harus diperhatikan, yaitu sequence. Sederhananya, sequence adalah rangkaian perintah yang berurutan. Karena algoritma merupakan susunan perencanaan dalam pemecahan masalah, maka sequence yang tepat juga diperlukan. Bisa saja dalam sebuah masalah, bentuk dan susunan algoritmanya berbeda-beda. Tetapi ada algoritma yang lebih efektif atau efisien dibanding yang lain. Hal ini sangat dipengaruhi oleh sequence.

Penerapan konsep sequence dapat ditemukan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti dalam:

- Pembuatan film: Dalam membuat film, sequence digunakan untuk merencanakan urutan adegan dan memastikan kesinambungan cerita dan visual yang diinginkan.

- Olahraga: Dalam olahraga, sequence digunakan untuk mengatur dan merencanakan latihan dan permainan yang terdiri dari beberapa gerakan atau aksi.

- Musik: Dalam musik, sequence digunakan untuk merencanakan urutan nada dan irama yang menghasilkan lagu yang enak didengar.

- Program Komputer: Dalam pemrograman, sequence digunakan untuk mengatur dan menentukan urutan operasi yang akan dilakukan oleh program.

Contoh penerapan konsep sequence dalam program komputer adalah sebagai berikut:

- Urutan operasi dalam pengolahan data: Dalam program pengolahan data, sequence digunakan untuk mengatur urutan operasi seperti input data, pengolahan data, dan output hasil pengolahan.

- Animasi: Dalam pembuatan animasi, sequence digunakan untuk mengatur urutan pergerakan objek pada layar.

- Pembuatan game: Dalam pembuatan game, sequence digunakan untuk mengatur urutan tampilan layar, perilaku objek dalam game, dan urutan aksi yang diperlukan untuk menyelesaikan level.

Flowchart

Flowchart merupakan penggambaran secara grafik mengenai langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu masalah. Dengan flowchart, algoritma yang kita buat bisa lebih mudah dimengerti. Contoh bentuk flowchart berdasarkan algoritma memasak air sebelumnya:



0 Komentar