Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

15 Web dan Aplikasi Coding Gratis untuk Anak

 

Mencari situs web dan aplikasi pengkodean gratis berkualitas untuk digunakan anak-anak di kelas atau rumah ? Disini saya telah mengumpulkan lima belas yang sesuai untuk anak-anak dari usia 5 hingga 15 tahun (setidaknya!) Semua sumber ini tersedia gratis untuk digunakan pada saat publikasi.

Dan, jika kebetulan Anda tidak menemukan apa yang Anda cari di sini, banyak sumber daya coding berbayar untuk anak-anak.

Yukk disimak, 15 Web dan Aplikasi Coding Gratis untuk Anak

1. Code.Org 

Format: Online, permainan   Usia: 5+ tahun    Biaya: Gratis

Code.org menyertakan tutorial dan proyek interaktif untuk kelas K-5 dan 6-12, menatap dengan blok coding sebelum pindah ke Javascript, HTML dan CSS.

Ini adalah sumber daya yang komprehensif, sempurna untuk belajar coding di kelas atau di rumah.

2. Scratch & Scratch Jr

Format: Online, aplikasi   Usia: 5 / 8+ tahun    Biaya: Gratis

Untuk anak-anak berusia 8-16 tahun, Scratch menyediakan platform yang luar biasa dan intuitif di mana anak-anak dapat memprogram cerita, permainan, dan animasi interaktif menggunakan pemrograman blok — dan berbagi kreasi mereka dengan orang lain dalam komunitas online yang mendukung.

Anak-anak yang lebih kecil juga dapat belajar dengan Scratch Jr , dibuat untuk usia 5-7 tahun.

Scratch gratis digunakan untuk semua pembuat kode, dan sekolah dapat mengakses alat ini tanpa lisensi.

3. Blokly

Format: Online   Usia: 8+ tahun    Biaya: Gratis

Blockly mengajarkan anak-anak untuk membuat kode melalui serangkaian teka-teki pemrograman blok. Untuk setiap teka-teki, anak-anak menyeret dan melepaskan blok kode untuk memecahkan tantangan tertentu. Blockly adalah alat sederhana yang dibuat untuk anak-anak yang belum memiliki pengalaman sebelumnya dengan pemrograman komputer. Anak-anak harus dapat membaca secara mandiri untuk maju melalui teka-teki tanpa bantuan orang dewasa. 

4 . Code For Life 

Format: Online, pelajaran    Usia: 6+ tahun    Biaya: Gratis

Dirancang untuk digunakan oleh siswa di sekolah dasar/dasar hingga sekolah menengah atas, Code for Life mengajarkan segalanya mulai dari prinsip pengkodean dasar hingga pengkodean melalui permainan game menggunakan Blockly dan yang lebih baru, Python. Sebuah perpustakaan terencana yang komprehensif juga menawarkan sumber daya untuk guru.

5. Gamestar Mekani

Format: Online, belajar coding melalui permainan game   Usia: 8+ tahun    Biaya: Gratis

Gamester Mechanic menggunakan pencarian berbasis game yang menyenangkan untuk membantu pembuat kode mempelajari desain game, dengan tujuan untuk membuat kode dan berbagi video game mereka sendiri. Gratis untuk bermain dan belajar di rumah dan sekolah, ini adalah pilihan populer di ruang kelas Teknologi Informasi & Komputer.

6. Kode Monster oleh Crunchzilla 

Format: Online, pelajaran   Usia: 8+ tahun    Biaya: Gratis

Code Monster mengajarkan pemrograman Javascript kepada anak-anak melalui sesi interaktif yang menyenangkan dengan monster biru yang lucu. Layar sederhana menyajikan dua kotak berdampingan – kode anak dalam satu kotak dan hasil kode mereka ditampilkan di kotak lain. Termasuk 59 pelajaran progresif. Anak-anak perlu dapat membaca secara mandiri untuk maju melalui pelajaran tanpa bantuan orang dewasa.

7. Akademi Khan 

Format: Online, pelajaran coding   Usia: 9+ tahun    Biaya: Gratis

Khan Academy menawarkan aliran instruktif yang jelas untuk anak-anak yang ingin belajar cara membuat kode. Pelajaran yang cocok untuk anak-anak kelas SD/SMP, menggunakan bahasa Javascript, cukup detail dan sedikit teknis. Situs ini menggunakan talk-through yang dapat diikuti anak-anak saat mereka membuat program mereka sendiri di panel editor situs.

Secara keseluruhan, ada 40 talk-through, 35 tantangan, dan 9 proyek, yang bisa memakan waktu antara 15 hingga 40 jam untuk diselesaikan.

8. Game Codin 

Format: Pengkodean berbasis online, game, dan teka-teki   Usia: 11+ tahun    Biaya: Gratis

CodinGame memungkinkan siswa sekolah menengah untuk meningkatkan keterampilan pengkodean yang ada dengan menjelajahi permainan dan pembuatan game. Situs web coding gratis ini membantu siswa berlatih dengan memecahkan teka-teki, bersaing dalam pertempuran coding, berkontribusi pada permainan multi-pemain, dan belajar coding dalam berbagai bahasa termasuk C++, HTML, Java, Python, Ruby, dan Swift.

Bahkan pembuat kode profesional dan orang dewasa menikmati situs ini dengan tutorial gratis sehingga mudah untuk memulai dengan tugas pengkodean apa pun.

9. Code Maven oleh Crunchzilla

Format: Online    Usia: 12+ tahun    Biaya: Gratis

Situs saudara dari Code Monster, Code Maven mengajarkan remaja dan orang dewasa tentang Javascript melalui 59 pelajaran interaktif – pembuat kode mengikuti instruksi, mengetik kode sambil berjalan, dengan hasil yang ditampilkan langsung di layar di depan mereka.

Pelajaran diperkenalkan dengan kecepatan yang lebih cepat dan dengan tantangan yang lebih menuntut daripada Code Monster, memperkenalkan konsep lanjutan seperti menganimasikan objek dan membuat sistem penilaian.

10. Code Wars

Format: Online   Usia: 13+ tahun    Biaya: Gratis

Dirancang untuk pembuat kode usia sekolah menengah dengan pengalaman, situs web ini menyediakan platform dengan tantangan pemecahan masalah pengkodean yang nyata.

Ada berbagai macam bahasa pemrograman berbasis teks untuk dipilih.

11. Spritebox 

Format: Aplikasi    Usia: K+    Biaya: Gratis

Aplikasi pengkodean anak-anak gratis ini sangat bagus untuk pelajar muda. Spritebox membantu anak-anak mempelajari cara membuat kode terlebih dahulu secara visual, lalu secara manual. Coders memulai perjalanan untuk menemukan potongan-potongan roket yang rusak, menjelajahi dunia yang berbeda, bertemu karakter baru, memecahkan teka-teki dan membuka pakaian keren.

Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh melalui Google Play atau iTunes .

12. Kode Kart 

Format: Aplikasi    Usia : K+    Biaya: Gratis

Code Karts adalah aplikasi pra-coding yang mengajarkan coders yang lebih muda bahwa coding bisa menyenangkan! Melalui penggunaan mobil balap, secara visual menunjukkan kepada anak-anak bagaimana pengkodean bekerja saat mereka membuat trek untuk mobil balap. Mereka tidak hanya coding, tetapi mereka juga bisa balapan di balapan mobil yang menyenangkan.

Gratis untuk diunduh di iTunes , Google Play dan Amazon .

13. Hopster Coding

Format: Online, aplikasi, pelajaran video, bermain game    Usia: K+     Biaya: Gratis/Berbayar

Game logika pra-pengkodean bertema binatang ini membantu anak-anak mempelajari empat dasar pemikiran komputasi – dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritme melalui pemecahan serangkaian teka-teki.

Gratis untuk diunduh di iTunes .

14. Cargo-Bot 

Format: Aplikasi    Usia: 10+ tahun    Biaya: Gratis

Cargo-bot mengharuskan siswa untuk menulis program untuk mengontrol lengan robot untuk memindahkan serangkaian peti ke posisinya (agar sesuai dengan konfigurasi yang disediakan). Meskipun konsepnya sederhana, permainannya menantang, mengharuskan siswa untuk benar-benar berpikir dan memecahkan masalah untuk mendapatkan nilai terbaik untuk setiap level. Siswa harus dapat membaca petunjuk untuk menggunakan aplikasi secara mandiri.

Tersedia melalui iTunes .

15. Grasshoper

Format: Aplikasi    Usia: 10+ tahun    Biaya: Gratis

Sebuah proyek Google, aplikasi Grasshopper memperkenalkan pengkodean JavaScript untuk pemula (ada kemampuan untuk melompat ke depan bagi mereka yang memiliki beberapa pengalaman). Aplikasi ini mencakup empat kursus – Apa itu Kode?, Dasar-dasar, dan dua bagian tentang Animasi. Tingkat termasuk kuis singkat untuk menilai pemahaman. Tantangan yang disertakan untuk dipecahkan menarik dan dirancang dengan baik. Sebuah aplikasi yang solid untuk siswa yang lebih tua.

Tersedia untuk pengguna Android dan iOS .


Posting Komentar

0 Komentar