Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Text-editor dalam Textual Programming Pyton

Penerapan bahasa pemrograman Python dapat menciptakan berbagai macam jenis project yang tentunya dapat digunakan dalam keseharian. Tentunya setiap project memiliki bobot kesulitan yang berbeda. Pemahaman dari bahasa pemrograman Python merupakan titik dasar dari kesulitan project. Belajar memahami bahasa pemrograman Python tentunya disarankan untuk dimulai dari konsep dasarnya. Setelah memahami konsep dasar diharapkan untuk menerapkannya dengan banyak berlatih membuat project sederhana.

Berikut beberapa contoh project yang tentunya bisa dicoba dalam penerapannya, seperti:

● Membuat sistem perhitungan sederhana, program ini dapat menghitung secara otomatis setelah pengguna memberikan angka yang diinginkan dengan operator matematika.

● Membuat password generator, program ini dapat mempermudah pengguna dalam membuat password yang aman.
● Konversi nilai mata uang, program ini dapat mengkonversi nilai mata uang.
● Pembuatan sistem evaluasi nilai murid, program ini dapat memudahkan dalam menghitung dan mendapatkan nilai murid.

Pembuatan program yang kali ini akan dibuat merupakan implementasi dari kehidupan sehari-hari mengenai sistem kerja lampu lalu lintas. Ada beberapa tahapan yang akan dijelaskan mengenai:
1. Pendahuluan mengenai cara kerja sistem
2. Masukan dari user untuk menentukan lampu yang sedang menyala
3. Pembanding lampu yang ada dan hasil yang akan dilakukan
 Sistem Lampu lalu lintas

Konsep dasar programming yang diterapkan pada pembuatan sistem evaluasi nilai tahap pertama adalah
● Sequence, urutan pengerjaan dari perintah atau statement pertama sampai dengan perintah atau statement terakhir.
● Print
● Variable
● Input dan Output, sesuatu data yang kita masukan ke dalam program. Input biasanya diambil dari perangkat inputan seperti keyboard, mouse, kamera, microphone, dll. Output adalah informasi yang dihasilkan setelah dilakukan proses.
● Concatenation

Selanjutnya setelah konsep utama yang akan dipelajari mengenai conditional statement (kalimat pengandaian). Konsep ini dibutuhkan untuk membandingkan lampu apa yang sedang menyala dan apa yang akan dilakukan.
Conditional statement dapat digunakan untuk mengungkapkan sebab akibat, kemungkinan terjadinya suatu hal, maupun menyatakan pengandaian atas hal yang sebetulnya tidak mungkin terjadi.
Kalimat pengandaian memiliki contoh sebagai berikut, jika mengantuk maka tidur, kalimat berikut menyatakan sebab dan akibat yang akan terjadi. Penulisan dalam bahasa pemrograman Python akan dituliskan menggunakan if else, sebagai berikut:
If else Statement

Kondisi yang terdapat dalam kalimat pengandaian tentunya dapat terdiri lebih dari satu pengandaian. Dalam bahasa pemrograman Python hal ini disebut sebagai nested if else statement.

Nested If else Statement

Kesimpulan
Coding atau pengkodean adalah bagian dalam proses pemrograman, dimana membutuhkan kemampuan berpikir logis, analisis, dan merencanakan serangkaian instruksi untuk program komputer atau aplikasi sebelum pengkodean dilakukan. Programming atau pemrograman adalah cakupan proses yang lebih luas. Hal ini menjadikan coding menjadi bagian dalam proses tersebut setelah pemrograman,
penyelesaian masalah dan perencanaan.

Posting Komentar

0 Komentar