Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Pemrograman Dart Lebih Dekat



Dart merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh google untuk kebutuhan dalam membuat aplikasi android atau mobile, front-end, web, IoT, back-end (CLI), dan Game. 

Dart mendukung banyak arsitektur seperti IA-32, X64, MIPS, ARMv5TE, ARMv6, ARMv7, dan arsitektur ARM64. Kemudian, Dart juga bisa dibilang merupakan bahasa pemrograman yang dinamis. Dart VM punya kemampuan untuk menjalankan secara langsung kode tanpa diperlukan proses penyusunan terlebih dulu. 

Dart merupakan bahasa pemrograman resmi untuk Flutter, sebuah UI toolkit dan aplikasi multiplatform dari Google. Flutter sendiri telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar seperti Google, Alibaba.com, dan Tencent karena dapat menghemat waktu dan membangun aplikasi lintas platform dalam satu bahasa pemrograman. 

Dart merupakan bahasa yang wajib dikuasai untuk mengembangkan aplikasi Flutter. Dengan Dart, kamu hanya perlu satu codebase untuk dapat mengembangkan aplikasi pada berbagai platform seperti web, Android, dan iOS. 

Bahasa Dart dirancang supaya familier dengan bahasa pemrograman lain sehingga mudah bagi yang sudah mengerti bahasa pemrograman lain maupun bagi yang baru memulai perjalanannya sebagai developer. 

Bahasa Dart bersifat gratis (open source) dan dikembangkan oleh komunitas developer ahli yang aktif dan terbuka.

Cara Kerja Dart
Tipe bahasa pemrograman dart berupa Statically Typed dimana tipe dari variabel diketahui ketika proses compile, ketika membangun aplikasi mobile, dart dicompile kedalam bahasa native agar dapat berjalan di mobile, lalu di transpiler ke javascript agar dapat berjalan di browser.

Transpiler bisa diartikan sebagai source-to-source compiler , yaitu sebuah compiler yang mengambil source code suatu program yang di tulis menggunakan suatu bahasa pemrograman sebagai input dan menghasilkan source code yang equivalent dalam bahasa pemrograman lainnya.

Dart diterapkan pada framework flutter yang merupakan framework untuk membuat aplikasi mobile yang saat ini ramai diperbincangkan. Flutter adalah sebuah framework yang dirancang khusus untuk membangun antarmuka (UI) aplikasi mobile yang lebih ekspresif dan menarik

Posting Komentar

0 Komentar