Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Manfaat Ngaji Teknologi Bagi Santri

 

Perkembangan teknologi mempermudah kehidupan manusia dalam segala aspek, tak terkecuali dalam bidang agama. Kala itu penulis bersama tim media NU Blitar menggelar Ngaji Teknologi di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Muslihuun, Tlogo, Kapupaten Blitar, Jawa Timur. sabtu (12/3/2022)

Saat pandemi, teknologi sangat dibutuhkan semua lapisan masyarakat. Fakta menunjukkan bahwa teknologi dapat membantu muslim modern dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini 5 manfaat teknologi yang dapat dimanfaatkan santri pondok pesantren. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Sarana Dokumentasi Kegiatan Pondok
Teknologi dapat membantu orang mengakses AlQuran dengan lebih mudah. Faktanya dibanding tahun lalu, terdapat penetrasi peningkatan internet meningkat tajam saat pandemi. Hal ini mendorong santri untuk lebih memanfaatkan teknologi terhadap akses informasi yang bermanfaat. 

2. Memudahkan Beramal Kepada Sesama 
Di Indonesia, pertanyaan terkait hal-hal yang berbau agama banyak dicari. Untuk itulah, dengan kehadiran teknologi maka masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah. Dengan teknologi santri dapat membuat konten yang baik lalu dipublikasi sebagai salah satu ladang untuk beramal. 
Dr KH Habib Bawafi, M.HI dan Drs.KH Al Djaini MPdI memberikan tausiyah Ngaji Teknologi.(12/3/2022)

3. Sebagai Penyedia Konten Video Ceramah Keagamaan 
Saat pandemi, pencarian YouTube naik pesat. Begitu juga penatrasi media sosial lainnya. Santri dapat membuat video ceramah agama melalui media sosial (facebook, instagram, youtube, dan tiktok). Maka sudah selayaknya santri berlomba-lomba membuat konten video yang berisi tentang keagamaan yang rahmatan lil alamin. Ceramah dari para ustaz dan kyai yang dilihat melalui video akan membuat masyarakat menjadi lebih sejuk dan damai.. 

4. Ide Tren KeagamaanTerbaru 
Masih seperti manfaat sebelumnya, teknologi akan membantu santri untuk mengetahui tren terbaru. Bagaimana trend muslim dan lain sebagainya. Well, banyak orang masih menganggap penting memakai media sosial.
Tampak Santri Ponpes AlMuslihuun

5. Tetap Terhubung Meski Jarak Memisahkan 
Ketika orang Indonesia melakukan perjalanan pulang ke rumah, sering ke daerah pedesaan yang memiliki akses seluler yang jarang atau terbatas. Nah, dengan adanya teknologi ini santri dan orang-orang terdekat terhubung meskipun jarak memisahkan. 

Semoga informasi ini bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar