Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Cara Menjadi Warga Digital yang Baik

 

Untuk bisa menjadi warga digital yang baik, sobat dapat menerapkan hal-hal berikut ini

Online, membangun kesadaran tentang bagaimana waktu online memengaruhi kesehatan dan kebugaran. Dalam survei tahun 2017 yang dilakukan oleh American Psychological Association, 81% responden mengatakan mereka sering terhubung ke suatu perangkat. Dalam survei yang sama ini, 65% orang Amerika setuju bahwa memutuskan hubungan secara berkala dari teknologi adalah hal yang baik, tetapi hanya 28% yang menindaklanjutinya. Statistik ini memberi tahu para pendidik bahwa mengajari pelajar cara memutuskan hubungan dan tentang manfaat kesehatan dari mengelola waktu teknologi adalah penting. Menurut sebuah studi oleh University of California Irvine, dibutuhkan rata-rata 23 menit dan 15 detik untuk kembali ke focus pada tugas yang terganggu. Pola pikir utama saat berinteraksi online adalah “Apakah saya menggunakan teknologi untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik?”. Warga digital yang baik juga menyadari bagaimana tindakan mereka dilihat oleh orang lain. Online berarti kita dapat memperhatikan dengan seksama bagaimana tindakan seseorang memengaruhi orang lain dan meluangkan waktu untuk merenungkan kiriman konten sebelum mengirimnya. Ada beberapa alat untuk membantu pelajar dan pendidik memperhatikan pengalaman online, yaitu :

a. Alarm windows, gunakan timer dan alarm untuk membatasi waktu layar atau istirahat dari komputer.

b. Tetap fokus adalah ekstensi produktivitas Microsoft Edge, membantu pengguna tetap fokus dengan memblokir situs web yang mungkin menjadi gangguan selama sesi kerja.

c. Aplikasi Reflect di dalam Microsoft Teams membantu pelajar untuk memberikan reaksi sehingga dapat mengetahui tanggapan dari para pelajar mengenai materi yang disampaikan.

d. Survei Microsoft Forms, untuk mengetahui bahwa para pelajar menyimak dan memahami materi yang disampaikan.

e. Fitur Obrolan di dalam Microsoft Teams, memastikan bahwa percakapan antara pengajar dan siswa dapat berlangsung.

Publik, menganalisis cara merepresentasikan diri saat online dalam membangun dan memberikan jejak digital yang positif. Setiap tindakan, postingan, suka, dan komentar meninggalkan jejak di dunia digital yang tidak mudah dilupakan. Penulis Germany Kent menulis, “Apa yang anda posting secara online berbicara banyak tentang siapa anda sebenarnya. Posting dengan niat. Repost dengan hati-hati”. Warga digital yang baik menjaga kesadaran bahwa semua yang mereka bagikan secara online membentuk persepsi orang lain tentang mereka. Interaksi dan postingan online menjadi kesan pertama. Penting bagi pelajar untuk tetap sadar akan gambaran dan keyakinan yang ingin mereka sampaikan dan menyelaraskannya dengan aktivitas online. Strategi untuk membantu pelajar dan pendidik memperhatikan interaksi online, yaitu :

a. Gunakan Bing secara berkala untuk memahami bagaimana profil digital sedang dibentuk.

b. Gunakan Minecraft, memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk menciptakan karakter digital yang lebih mirip dengan diri mereka sendiri atau bagaimana mereka ingin direpresentasikan secara online.

c. Gunakan Paint 3D di perangkat Windows, pelajar menciptakan karya seni yang mengekspresikan siapa mereka atau bagaimana perasaan mereka untuk dibagikan secara online.

d. Gunakan LinkedIn untuk penggunaan profesional atau perguruan tinggi, serta menggunakan konektor untuk menjelajahi jalur karir potensial yang menarik minat.

Pribadi, dapat terhubung dengan orang lain dengan aman. Alat untuk membantu menjadikan pengalaman online pribadi dan aman, yaitu:

a. Microsoft Stream yang digunakan untuk mengelola konten video termasuk mengunggah, melihat, dan berbagi video serta mengatur konten ke dalam saluran dan kelompok, serta menyediakan saluran khusus untuk kebutuhan pelajar.

b. Flipgrid merupakan platform pembelajaran sosial untuk memposting topik saat memulai percakapan, dan merespons dengan menggunakan video dan audio yang dibangun langsung ke dalam program.

c. Pembelajaran berbasis game dengan Minecraft, mengajarkan keterampilan termasuk pemecahan masalah, kreativitas, dan pemikiran sistem. Membangun brankas digital di dalam dunia Minecraft untuk menyimpan data pribadi seperti nama pengguna dan kata sandi.

d. Pembuatan kata sandi Microsoft Edge, menghasilkan saran kata sandi yang kuat dan unik. Kata sandi yang dihasilkan disimpan secara otomatis di browser dan di sinkronkan di semua perangkat yang menggunakan browser Edge.

Patuh, mengikuti pedoman hak cipta dan mengenali kepemilikan konten digital. Alat untuk membantu pelajar mengutip dan mengatribusikan yaitu :

a. Pencarian Visual Bing untuk menemukan informasi tentang suatu gambar termasuk tautan ke tempat gambar tersebut dapat ditemukan secara online.

b. Bing sebagai mesin pencari web Microsoft, dapat menyertakan alat filter yang memungkinkan pengguna memfilter pencarian gambar untuk pembatasan lisensi. Filter ini didasarkan pada sistem lisensi Creative Commons dan membantu pengguna menemukan gambar untuk digunakan, dibagikan, atau dimodifikasi.

c. Microsoft Teams untuk penggunaan pendidikan yang dirancang untuk menandai dokumen yang diduplikat dan memeriksa bahasa yang serupa dalam tugas. Integrasi ini membantu merampingkan proses penilaian bagi pendidik.

d. Microsoft OneNote digunakan untuk mengumpulkan informasi dari web ke dalam buku catatan digital. Aplikasi OneNote menyediakan kutipan otomatis, lengkap dengan tautan langsung ke situs web.

e. Fitur Editor dalam Microsoft Word yang memungkinkan pengeditan dan revisi yang disarankan pada dokumen.

Tanggap, mengevaluasi sumber dengan strategi literasi digital termasuk memahami berbagai perspektif. Alat untuk membangun keterampilan persepsi dan literasi informasi yaitu :

a. Pencarian Bing versi aman untuk menyaring konten web yang tidak pantas dari hasil pencarian, termasuk teks, gambar, dan video. Mengaktifkan Pencarian Aman memungkinkan pelajar untuk fokus pada kualitas informasi yang diambil dan menghindari informasi yang tidak memenuhi harapan pencarian.

b. Factcheck.org, proyek dari Annenberg Public Policy Center University of Pennsylvania, menggunakan komunitas cendekiawan untuk menangani masalah kebijakan publik. Menggunakan situs ini untuk menilai apakah informasi yang ditemukan secara online tersebut akurat.

c. Peramban Microsoft Edge menggunakan ekstensi, seperti pemblokiran iklan.

Penggunaan teknologi dalam pendidikan terus berkembang dengan pesat dan begitu pula keharusan bagi peserta didik untuk memperoleh keterampilan dalam pengelolaan digital secara aman. Implementasi membutuhkan perencanaan, latihan, dan kesabaran yang cermat. Itulah sebabnya mengapa standar International Society for Technology in Education (ISTE) dibuat untuk didorong oleh pelajar dan fokus pada pemberdayaan suara pelajar.

"Be Statements" ini merupakan kolaborasi dengan rekan dan pelajar, memberikan tantangan kepada pendidik untuk memikirkan kembali bagaimana pendekatan tradisional, dan mempersiapkan pelajar untuk mempertimbangkan orang lain terlebih dahulu dan mendorong pembelajaran mereka sendiri di dunia online.

DAFTAR PUSTAKA

Describe the basic concepts of cybersecurity - Learn | Microsoft Docs

Digital citizenship prepare todays learners – Learn | Microsoft Docs