Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Membuat Project Perdana di Android Studio

Android Studio adalah Integrated Development Enviroment (IDE) untuk sistem operasi Android, yang dibangun di atas perangkat lunak JetBrains IntelliJ IDEA dan didesain khusus untuk pengembangan Android. Wikipedia

Baca juga Mengenal Android Studio Lebih Dekat

Langsung  saja  kita  akan  membuat  project  android pertama menggunakan android studio.  
 
Adapun Langkah-langkahnya adalah :  
1.  Buka android studio pilih Start a new android studio project  

2. Pilih Empty Activity  pada  jendela Phone and Tablet 

3. Kemudian  kita  harus  mengisi  konfigurasi  project android yang akan kita buat. 

  • Name  :  Isikan  nama  aplikasi  android  yang  akan kita buat. 
  • Package  Name  :  Isikan  nama developer/perusahaan  pengembang  aplikasi, silahkan isi sesuai dengan keinginan
  • Save  Loacation  :  Biasanya  ini  terisi  secara otomatis.  Save  Location  ini  akan  menunjukan project  android  yang  kita  buat  tersimpan  pada direktori atau folder apa di komputer kita.
  • Language :  Pilih bahasa pemrograman yang akan kita  gunakan  untuk  membuat  aplikasi  android menggunakan Android Studio. Pada tutorial ini kita akan menggunakan bahasa pemrograman Java.  
  • Minimum  API  Level  :  Disini  kita  harus menentukan  API  berapa  yang  akan  dipakai.  Saran : silahkan gunakan versi android yang paling sering dipakai (tiap tahun mungkin akan berubah versinya). Dan  hasilnya  OS  Jelly Bean , Jadi untuk  minimum  SDKnya  kita  pilih  API  16  yaitu Versi OS Jelly Bean.  

4. Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar di bawah : 

5. Klik  Finish  jika  konfigurasi  sudah  diisi.  Selanjutnya tunggu proses gradle
6.  Tunggu sampai proses gradle selesai, biasanya ini akan memakan  waktu  beberapa  menit.  Lama  atau sebentarnya tergantung spesifikasi RAM dan Prosesor yang digunakan pada komputer atau laptop.  

7. Saat pertama workspace android terbuka terdapat dua tab  activity_main.xml  dan  MainActivity.java. activity_main.xml merupakan  layout  utama  aplikasi android.  

8. Disinilah  kita  akan mengedit  semua  tampilan  aplikasi android.  Sedangkan  MainActivity.java  digunakan untuk  memberikan  aksi  (kodingan  java)  terhadap komponen-komponen  yang  sudah  diberikan  pada activity_main.xml.  

9. Contohnya kita memberikan memasukan tombol (Button) pada activity_main.xml agar tombol bisa melakukan suatu aksi kodingannya terdapat pada MainActivity.java.  Pilih Buttons lalu drag and drop (geser saja).

10. Sekarang  pilih  layout  activity_main.xml.  Secara default pada  layout ini terdapat komponen TextView “ Program Perdana “. Jika di RUN, maka hasilnya seperti berikut:

11. Lho, kok bisa begitu ya ?? Makanya tetap simak AbdUmar.com


Posting Komentar

0 Komentar