Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Instalasi Python 3.xx di Ubuntu 20.04

Bahasa pemrograman Python adalah pilihan yang semakin populer baik untuk pemula hingga pengembang berpengalaman. Fleksibel dan serbaguna, Python memiliki kekuatan dalam pembuatan skrip, otomatisasi, analisis data, pembelajaran mesin, dan pengembangan back-end. 

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1991 dengan nama yang terinspirasi oleh grup komedi Inggris Monty Python, tim pengembang ingin menjadikan Python sebagai bahasa yang menyenangkan untuk digunakan. 

Tutorial ini akan menyiapkan Ubuntu 20.04 dengan lingkungan pemrograman Python 3. Prasyarat dalam menyelesaikan tutorial ini, Anda harus memiliki  hak sudo di Ubuntu 20.04. 

Baca Juga Tutorial Instalasi Phyton 3.7 di Ubuntu 16.04

1. Menyiapkan Python 3

Sebetulnya dalam Ubuntu 20.04 dan beberapa versi lain dari Debian Linux telah terpasang dengan Python 3. Silahkan di cek dengan membuka Terminal (Alt+T), lalu ketik;

  • sudo apt update
  • sudo apt -y upgrade
  • Bendera -y akan mengkonfirmasi bahwa kamu setuju untuk semua item yang akan diinstal, tetapi tergantung pada versi Linux. Kamu mungkin perlu mengkonfirmasi petunjuk tambahan saat sistem Anda diperbarui dan ditingkatkan.

    Setelah prosesnya selesai, kita bisa mengecek versi Python 3 yang terpasang di sistem dengan mengetik:

    python3 -V

    Untuk mengelola paket perangkat lunak untuk Python, mari instal pip, alat yang akan memasang dan mengelola paket pemrograman yang mungkin ingin kita gunakan dalam proyek pengembangan kita. Yuk ketik:

    sudo apt install -y python3-pip

    Selanjutnya jika kamu membutuhkan komputasi ilmiah (jika perlu saja). Kamu dapat melakukannya dengan perintah 

    pip3 install numpy 

    Ada beberapa paket dan alat pengembangan yang harus dipasang untuk memastikan bahwa kamu memiliki pengaturan yang kuat untuk lingkungan pemrograman python ini. Yuk ketik:

    sudo apt install -y build-essential libssl-dev libffi-dev python3-dev

    Setelah Python disiapkan,  pip serta alat lainnya diinstal, kamu dapat menyiapkan lingkungan virtual untuk proyek pengembangan selanjutnya.

     2. Menyiapkan Lingkungan Virtual

    Lingkungan virtual (English:Virtual environments) memungkinkan Anda memiliki ruang terisolasi di server Anda untuk proyek Python, memastikan bahwa setiap proyek Anda dapat memiliki kumpulan ketergantungannya sendiri yang tidak akan mengganggu proyek  yang lain.

    Menyiapkan lingkungan pemrograman memberikan kontrol yang lebih besar atas proyek Python dan atas bagaimana berbagai versi paket ditangani. Ini sangat penting saat bekerja dengan paket pihak ketiga.

    Anda dapat mengatur lingkungan pemrograman Python sebanyak yang Anda inginkan. Setiap lingkungan pada dasarnya adalah direktori atau folder di server Anda yang memiliki beberapa skrip di dalamnya untuk menjadikannya sebagai lingkungan.

    Meskipun ada beberapa cara untuk mencapai lingkungan pemrograman dengan Python, saya akan menggunakan modul venv , yang merupakan bagian dari pustaka Python 3 standar. Ayo instal venv dengan mengetik:

    sudo apt install -y python3-venv

    Setelah terpasang, kamu siap untuk membuat lingkungan (create environments). Mari di pilih direktori mana yang ingin kita tempatkan lingkungan pemrograman Python nya, atau buat direktori baru dengan mkdir, seperti di:

  • mkdir environments
  • cd environments
  • Setelah Anda berada di direktori, kamu dapat membuat lingkungan dengan menjalankan perintah berikut

    python3 -m venv my_env

    Pada dasarnya, pyvenv menyiapkan direktori baru yang berisi beberapa item yang dapat kita lihat dengan perintah ls:

    ls my_env

    Bersama-sama, file-file ini bekerja untuk memastikan bahwa proyek Anda diisolasi dari konteks server yang lebih luas, sehingga file sistem dan file proyek tidak bercampur. Ini adalah praktik yang baik untuk kontrol versi dan untuk memastikan bahwa setiap proyek memiliki akses ke paket tertentu yang dibutuhkannya. 

    Python Wheels, format paket bawaan untuk Python yang dapat mempercepat produksi perangkat lunak Anda dengan mengurangi berapa kali Anda perlu mengompilasi, akan ada di direktori berbagi Ubuntu 20.04.

    Untuk menggunakan lingkungan ini, Anda perlu mengaktifkannya, yang dapat Anda capai dengan mengetikkan perintah berikut yang memanggil skrip pengaktifan:

    source my_env/bin/activate

    Prompt perintah Anda sekarang akan diawali dengan nama lingkungan Anda, dalam hal ini disebut my_env. Bergantung pada versi Debian Linux yang Anda jalankan, awalan Anda mungkin tampak agak berbeda, tetapi nama lingkungan Anda dalam tanda kurung harus menjadi hal pertama yang Anda lihat di baris Anda:
     Awalan ini memberi tahu kita bahwa lingkungan my_env saat ini aktif, yang berarti bahwa ketika kita membuat program di sini, mereka hanya akan menggunakan pengaturan dan paket lingkungan tertentu ini.

    Catatan: Dalam lingkungan virtual, Anda dapat menggunakan perintah python sebagai ganti python3, dan pip sebagai ganti pip3 jika Anda mau. Jika Anda menggunakan Python 3 di komputer Anda di luar lingkungan, Anda perlu menggunakan perintah python3 dan pip3 secara eksklusif.

    Setelah mengikuti langkah-langkah ini, lingkungan virtual Anda siap digunakan.

    3. Membuat Program Hello World

    Sekarang setelah lingkungan virtual kita siap, mari kita buat "Hello, World!". Ini akan memungkinkan kita menguji lingkungan kita dan memberi kita kesempatan untuk menjadi lebih akrab dengan Python.

    Untuk melakukan ini, kami akan membuka editor teks baris perintah seperti nano dan membuat file baru:

    nano hello.py

    Setelah file teks terbuka di jendela terminal, kami akan mengetik program kami:

    print("Hello, World!")

    Keluar dari nano dengan mengetik tombol CTRL dan X, dan ketika diminta untuk menyimpan file, tekan y.

    Setelah Anda keluar dari nano dan kembali ke shell Anda, jalankan programnya:

    python hello.py

    Program hello.py yang baru saja Anda buat akan menyebabkan terminal Anda menghasilkan keluaran berikut:

    Untuk meninggalkan lingkungan, ketik perintah deactivate dan Anda akan kembali ke direktori asli Anda.

    Selamat! Pada titik ini Anda telah menyiapkan lingkungan pemrograman Python 3 di server Linux Ubuntu Anda dan sekarang Anda dapat memulai proyek pengkodean!

     

     

     

    Posting Komentar

    0 Komentar