Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Belajar Operasi Matriks di Python


Hallo… hallo.. 

Kali ini saya berbagi informasi sederhana kepada kalian sekaligus bernostalgia dengan salah satu materi yang pernah kita pelajari di sekolah dahulu yaitu matriks. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat matriks pada python. Versi python yang digunakan dalam artikel ini adalah versi 3.9. dengan Visual Studio Code sebagai editornya. Sebelum belajar bagaimana cara membuat matriks pada python, mari kita flashback dulu tentang apa itu patrik? eh matriks. Seberapa pentingkah ‘dia’ dalam kehidupan kita? Yuk cek i dot. 

 Baca juga Memahami Perbedaan Varian dan Kovarian dalam Matrik

Apa itu matriks? Matriks merupakan jajaran empat persegi panjang dari bilangan-bilangan. Bilangan-bilangan dalam jajaran tersebut disebut entri dari matriks.

Matriks dalam dunia metematika merupakan suatu bilangan, simbol, ataupun ekspresi yang disusun dalam baris dan kolom yang membentuk suatu bidang persegi/persegi panjang. Dalam penulisan matriks, susunan elemen matriks (bilangan, simbol, ekspresi) ini diletakkan diantara kurung biasa ( . . . . ) atau kurung siku [ . . . . ]. Elemen horizontal matriks disebut baris (row) yang disimbolkan dengan huruf m sedangkan elemen vertikal matriks disebut kolom (column) yang disimbolkan dengan huruf n. Elemen pada matriks ditulis menggunakan huruf kecil (lowercase). 

Perhatikan contoh matriks yang di tulis dalam python di bawah ini.

matrix = [
    [70],
    [46],
]

matrix1 = [
    [708],
    [469],
    [135],
]

matrix2 = [
    [1000],
    [0100],
    [0010],
    [0001],
]

Dalam artikel ini,  kita hanya akan membahas beberapa operasi dasar seperti penjumlahan, pengurangan dan perkalian dua matriks.

Setelah mendefinisikan matriks, tentu kita ingin mengakses setiap elemen pada matriks tersebut. Dengan memanfaatkan nested loop for, kita dapat mengakses suatu elemen pada koordinat tertentu. Coba code berikut:

matrix = [
    [70],
    [46],
]

for x in range(0len(matrix)):
    for y in range(0len(matrix[0])):
        print (matrix[x][y], end=' '),
    print

Penjumlahan Matriks, dilakukan dengan menjumlahkan setiap elemen. Hasil penjumlahan tersebut akan menjadi elemen baru. Masing - masing matriks kita akses setiap elemennya pada koordinat yang sama kemudian kita jumlahkan untuk mendapatkan elemen baru. Coba code berikut:

mat1 = [
    [70],
    [46],
]

mat2 = [
    [20],
    [52],
]


for x in range(0len(mat1)):
    for y in range(0len(mat1[0])):
        print (mat1[x][y] + mat2[x][y], end=' '),
    print

Pengurangan Matriks, pada pengurangan matriks kita hanya mengganti operatornya saja dengan tanda kurang (-). Maka matriks baru akan terbentuk sebagai hasil dari pengurangan setiap kedua elemen matriks. Coba code pengurangan matriks berikut:

mat1 = [
    [70],
    [46],
]


mat2 = [
    [30],
    [72],
]

for x in range(0len(mat1)):
    for y in range(0len(mat1[0])):
        print (mat1[x][y] - mat2[x][y], end=' '),
    print

Perkalian Matriks

Merupakan salah satu operasi dasar yang tricky. Karena di dalamnya bukan hanya terdapat operasi perkalian, melainkan juga penjumlahan. Perkalian suatu matriks memang tidak sama dengan bilangan biasa, tidak juga langsung mengalikan setiap elemen. Perkalian matriks dilakukan dengan menjumlahkan hasil perkalian suatu baris matriks pertama ke kolom matriks kedua. Setiap baris di matriks pertama akan dikalikan ke setiap kolom di matriks kedua.

Di Python, kita akan menggunakan nested loop for di dalam nested loop yang kedua. Looping ketiga tersebut kita gunakan untuk melakukan proses penjumlahan hasil perkalian baris dan kolom. Hasilnya elemen matriks baru akan ditempatkan pada koordinat tersebut. Coba code perkalian matrik berikut:

mat1 = [
    [70],
    [46],
]

mat2 = [
    [30],
    [52],
]

mat3 = []

for x in range(0len(mat1)):
    row = []
    for y in range(0len(mat1[0])):
        total = 0
        for z in range(0len(mat1)):
            total = total + (mat1[x][z] * mat2[z][y])
        row.append(total)
    mat3.append(row)


for x in range(0len(mat3)):
    for y in range(0len(mat3[0])):
        print (mat3[x][y], end=' ')
    print ()

Matriks ini merupakan “bahan dasar” untuk mendalami bidang ilmu komputer seperti terutama data sains, kecerdasan buatan, komputasi digital, dan lain sebagainya. 

 

Posting Komentar

0 Komentar