Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Visualisasi Data dalam Big Data

Visualisasi data dilihat oleh banyak bidang ilmu sebagai komunikasi visual modern. Visualisasi data tidak berada di bawah bidang manapun, melainkan interpretasi di antara banyak bidang. Visualisasi data merupakan salah satu teknik terpenting dalam penemuan dan eksplorasi data. Disiplin visualisasi data mencakup metode mengekspresikan data dalam bentuk visual abstrak. Representasi visual data memberikan pemahaman yang mudah tentang data kompleks dengan beberapa atribut dan hubungan yang mendasarinya.

Visualisasi data merupakan representasi visual dari data, artinya "informasi yang telah diabstraksikan dalam bentuk skematis, termasuk atribut atau variabel dari unit informasi". 

Tujuan nya adalah untuk mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efisien kepada pengguna lewat grafik informasi yang dipilih, seperti tabel dan grafik. Visualisasi yang efektif membantu pengguna dalam penalaran tentang data dan bukti.

Pemahaman informasi yang padat: bagan visual sederhana dapat dengan mudah menyertakan ribuan titik data. Dengan menggunakan visual, pengguna dapat melihat gambaran besar, serta tren jangka panjang yang sangat sulit ditafsirkan hanya dengan mengekspresikan data dalam angka. Hubungan memvisualisasikan data dalam koordinat Cartesian memungkinkan eksplorasi hubungan antara atribut. Meskipun merepresentasikan lebih dari tiga atribut pada sumbu x, y, dan z tidak dapat dilakukan dalam koordinat Kartesius, ada beberapa solusi kreatif yang tersedia dengan mengubah properti seperti ukuran, warna, dan bentuk penanda data atau menggunakan peta aliran, di mana lebih dari dua atribut digunakan dalam media dua dimensi.

Efektifitas Visualisasai Data 

  • Dapat memperkuat pemikiran kognitif karena penglihatan merupakan salah satu indera terkuat di tubuh manusia.
  • Dapat menemukan pola dan anomali bahkan di hadapan sejumlah besar data dengan penglihatan manusia
  • Dapat menemukan dan memahami pola tersembunyi dalam data.


Ada 3 kategori dalam teknik visualisasi data, yaitu:

  • Visualisasi univariate
  • Visualisasi multivariate
  • Visualisasi sejumlah besar atribut menggunakan dimensi paralel.

 

Sekian...

Posting Komentar

0 Komentar