Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Text-editor dalam Textual Programming MU Editor

Pembelajaran textual programming menggunakan text-editor sebagai sarana dalam pembuatan project. Terdapat banyak jenis text-editor yang dapat digunakan dan mode yang dipilih secara online maupun offline. Text-editor yang akan kita gunakan yaitu MU editor dan pengoperasiannya akan dilakukan secara offline.

MU editor mengharuskan pengguna untuk menginstal ke dalam sistem operasi yang digunakan. Pengguna dapat mengunduh MU editor melalui link berikut: https://codewith.mu/en/download, tentunya dalam mengunduh pengguna harus mengetahui sistem operasi yang dimiliki (Windows atau Mac Os).

Setelah selesai mengunduh installer yang dibutuhkan, pengguna dapat melakukan proses instalasi. Pengguna harus mencentang persetujuan dan mengklik “install”.

Setelah selesai proses instalasi, maka pengguna dapat membuka editor dan dapat membuka text-editor dengan tampilan sebagai berikut.

Tampilan MU editor

Tampilan dari text-editor Replit sangat mudah dipahami yang terdiri dari 3 bagian utama, yaitu menu, area pengerjaan, dan hasil eksekusi project. Setelah berhasil memahami tampilan dari text-editor, ada beberapa syntax dasar Python yang nantinya akan dicoba pahami, seperti:

● Print, memunculkan pesan yang diinginkan dalam bentuk teks.

● Pembuatan variable, menyiapkan sebuah wadah yang bisa menyimpan angka ataupun teks.

● Pemahaman tipe data, setiap data dalam komputer memiliki nilainya sendiri dan hal ini dapat dibedakan ke dalam beberapa tipe data, seperti string, integer, boolean, dan lainnya.

● Concatenation, pengoperasian dalam menggabungkan dua tipe data teks.

Posting Komentar

0 Komentar